Senin, 21 Oktober 2013

Ganti Dinamo Power Window

Service power window sebenernya ga susah kok. Kebetulan power window pintu belakang kiri kerjanya kurang optimal,sebelumnya dah ganti tapi bagian dalamnya saja karena sudah karatan kena air. Sudah dibersihkan tp ketika dijalankan bunyi berisik. Karena risih denger bunyi berisik ya mau ga mau diganti deh dinamo power windownya saja.

Alat yang dibutuhkan:
1. Obeng (+)
2. Obeng (-) / torx (kunci bintang)
3. Kunci 10

Bahan:
1. Dinamo pengganti
2. Grease
3. Lap
4. Minuman Ringan + Es

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Buka door trim dengan membuka clip yang disamping dan lepas baut di handle pintu dalam dengan obeng (+). Hati2 dalam melepas doortrim karena faktor usia, pegangan clip rawan patah
2. Lepaskan soket kabel power window dan dilanjutkan dengan membuka baut pemegang modul power window dengan kunci 10 (ada 4 baut, lokasi seperti gambar dibawah). Pada saat melepas modul sebaiknya satu tangan menahan modul biar tidak langsung jatuh dan tahan kaca agar tidak turun dengan mengganjalnya dengan cara memasukkan obeng pada salah satu lubang dekat kawat pengait pembuka pintu 


3. Setelah baut dilepaskan, lepas modul dengan melepaskan posisinya dari rel kaca jendela dan untuk mengeluarkannya lebih mudah yang bagian ujung terlebih dahulu

4. Modul power window akan tampak seperti gambar dibawah. untuk melepaskan dinamo dari modul, gunakan obeng (-) atau kunci torx untuk membuka 3 buah baut. 

5. Setelah terlepas pasang dinamo yang baru.
6. Pasang kembali modul power window dengan urutan terbalik. Pastikan roda kecil pada ujung modul terpasang terlebih dahulu pada rel di kaca jendela. Untuk mengepaskan posisi baut agak susah. Triknya pasang salah satu baut pada posisi paling dekat pada engsel pintu dan coba operasikan power window sampai ketemu posisi yang pas.
7. Setelah selesai semuanya, silahkan menikmati minuman dinginnya Very Happy

Notes:
- Sebaiknya pada saat membongkar modul power window, posisi kaca pada saat tertutup penuh
- Dinamo untuk pintu kiri berbeda dengan pintu kanan. Dinamo pintu penumpang kiri = dinamo pintu supir dan sebaliknya
- Sebelum memasang sebaiknya dipastikan bahwa modul berfungsi dengan baik
- Apabila diperlukan, grease perlu ditambahkan pada gigi modul power window atau bersihkan semuanya dan di beri grease ulang.

Selamat ber-DIY (Do It Yourself) 



Sumber : Om Diendy - GC - 084







4 komentar:

  1. Klo durasi 5 dtk tanpa beban (hanya motornya saja), kemudian dinamo ga bs muter lg, dan hrus nunggu kopi panas sampai dingin baru bisa muter lg dg durasi 5 detik apakah termasuk motor tsb harus diganti ya mas? kira utk beli motor PW greco blakang kiri brp an mas?

    Tks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mas Adil. Salam kenal. Saya Dadan. Kebetulan saya punya masalah yang sama. Power window kanan depan (driver). Harus nunggu beberapa saat, baru mau naik/turun. Mohon info jika Mas Adil ketemu solusinya. Thanks ya.

      Hapus
  2. Untuk kasus PW pintu supir yang nggak bisa turun naik, apa harus selalu ganti dinamo ? Mohon pencerahannya...
    trims

    BalasHapus
  3. Thsnk u ilmunya...kalo yg depan kanan gmn caranya gan

    BalasHapus